Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
Nasional

Pembangunan Proyek IKN Diperkirakan Selesai Dalam Kurun Waktu 15-20 Tahun

54
×

Pembangunan Proyek IKN Diperkirakan Selesai Dalam Kurun Waktu 15-20 Tahun

Share this article
Presiden Jokowi pimpin acara Prosesi Penyatuan Tanah dan Air Nusantara, di Titik Nol IKN, Senin (14/03/2022). (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)
Example 468x60

HFANEWS.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperkirakan pembangunan proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) keseluruhan akan selesai dalam kurun waktu 15-20 tahun. Periode waktu itu, kata Jokowi, sebagaimana umumnya proyek pembangunan ibu kota baru di berbagai negara.

Jokowi meyakini, pembangunan IKN akan terus bergulir. Apalagi, jika sudah masuk investor dari swasta dan berbagai infrastruktur di IKN mulai jalan tol dan bandara telah selesai dibangun.

Example 300x600

“Kurang lebih 15 tahun tetapi bisa maju kalau swastanya ngebut, seperti sekarang kalau tiap bulan groundbreaking, 10, 15, dan 20. Nah itu baru akan cepat,” ujar Jokowi saat sambutan di depan para CEO perusahaan di kawasan IKN, Kalimantan Timur, Kamis (2/11/2023).

Menurut Jokowi, pembangunan keseluruhan proyek IKN tidak akan selesai dalam waktu dekat, tetapi membutuhkan 15 hingga 20 tahun. Karena itu, Jokowi mengklarifikasi rasa penasaran sejumlah pihak yang menilai IKN sudah jadi pada 2024.

Baca Juga: Soal Jabatan 3 Periode Presiden, Jokowi Tak Secara Langsung ke Megawati

“Tahun depan itu banyak yang berpikir tahun depan IKN jadi. Siapa yang ngomong? Tahun depan kita itu mau upacara di IKN, lapangannya rumputnya sudah ditanam, pasti rampung, kalau yang lain itu bisa sampai 15 tahun, supaya tahu, supaya nggak terjadi mis,” ujarnya.

Karena itu, Jokowi mengajak para swasta berinvestasi di IKN. Menurutnya, pemerintah akan memprioritaskan investor dalam negeri untuk masuk di IKN. Baru jika tidak ada minat dari investor lokal, sambung dia, pemerintah akan mencari investor dari luar negeri yang berminat untuk berinvestasi di IKN.

“Saya mengajak bapak-ibu semuanya (investasi di IKN) mumpung harga tanahnya masih murah. Karena kalau bapak ibu sekarang beli di SCBD itu mungkin harga tanah per meter sudah Rp 200 juta mungkin, Menteng sudah Rp Rp 100-Rp 150 juta, di Balikpapan sudah 10-15 juta, di sini masih di bawah satu juta,” ucap Jokowi.

Dia pun memperkirakan, harga tanah di IKN pada pekan depan sudah naik. Bahkan, Jokowi yakin, harga tanah terus bergerak naik. Jokowi pun mengimbau para investor tidak khawatir mengenai keberlanjutan IKN. Hal itu mengingat, kini IKN menjadi Proyek Strategis Nasional.

“Jadi kalau masih ada khawatir-khawatir apa gitu, khawatir nggak dilanjutkan, kan undang-undangnya sudah ada, UU-nya didukung 93 persen fraksi partai partai di DPR,” ujar Jokowi.(HFAN/Arum)

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *