Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
Industri

Pemerintah Dorong Industri Penyiaran Indonesia Mengadopsi Teknologi Digital Terbaru

486
×

Pemerintah Dorong Industri Penyiaran Indonesia Mengadopsi Teknologi Digital Terbaru

Share this article
Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Budi Arie Setiadi
Example 468x60

HFANEWS.COM – Industri Indonesia memiliki kemampuan beradaptasi terhadap dinamika teknologi yang tengah berlangsung.

Hal ini memicu pemerintah untuk mendorong industri penyiaran Indonesia mengadopsi teknologi digital terbaru seperti kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Example 300x600

Sejalan dengan itu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Budi Arie Setiadi menilai perkembangan industri penyiaran di Indonesia saat ini berjalan baik dalam menghadapi disrupsi teknologi digital. Selain itu, kemampuan adaptasi itu juga dapat dilihat dari prediksi pendapatan iklan televisi di Indonesia yang akan tumbuh 10,3% pada 2023 dengan nilai US$ 1,4 miliar.

Meski demikian, Budi menyadari teknologi tersebut juga menimbulkan tantangan baru, diantaranya potensi hilangnya lapangan pekerjaan dan menimbulkan berbagai permasalahan etik.

“Proyeksi positif ini menjadi salah satu indikator utama bahwa industri penyiaran Indonesia cukup lincah dan memiliki ketangguhan dalam menghadapi gempuran disrupsi teknologi digital,” ujar Budi dalam keterangan tertulis, Minggu (13/8/2023).

Baca Juga: https://kabarsolusi.com/prabowo-yakin-jokowi-tidak-mengintervensi-keputusan-golkar-dan-pan-terkait-dukungan-kepada-dirinya-pada-pilpres-2024/

Lebih lanjut, Budi Arie menyoroti perkembangan teknologi yang pesat di bidang kecerdasan buatan yang akan mempengaruhi masa depan industri penyiaran global. Menurutnya, teknologi kecerdasan buatan akan merevolusi proses pembuatan konten, keterlibatan pemirsa, dan teknologi periklanan.

Oleh karena itu, Budi mengajak para pemangku kepentingan di industri penyiaran untuk bersama-sama mengkaji dampak perkembangan teknologi terhadap industri penyiaran di masa depan.

“Dari kajian tersebut kita akan bersama-sama menyusun peta jalan untuk memastikan industri penyiaran tetap dapat berdaya dan berdaulat di masa-masa yang akan datang,” kata dia.(HFAN/Arum)

 

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *