Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
Bisnis

Analis: Terjadi Window Dressing IHSG Menguat

57
×

Analis: Terjadi Window Dressing IHSG Menguat

Share this article
Example 468x60

HFANEWS.COM – Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Rabu (13/12/2023) berpotensi menguat di tengah momentum window dressing dan harga saham-saham berkapitalisasi besar (big caps) yang sedang terdiskon.

Analis HP Sekuritas Jono Sjafei menuturkan terdapat potensi window dressing yang terjadi di tahun ini, terutama karena kondisi ekonomi yang seharusnya lebih baik dari tahun lalu.

Example 300x600

“Saham-saham berkapitalisasi pasar besar diperkirakan masih akan menggerakkan IHSG hingga akhir tahun. Tetapi memang masih ada tantangan dari kenaikan harga bahan pokok, harga minyak mentah, juga kenaikan suku bunga yang dapat membatasi daya beli masyarakat dan pelaku bisnis untuk ekspansi,” ujar Jono.

Baca Juga: IHSG Berkonsolidasi Menguat Hari Ini Bertepatan dengan Harbolnas 2023

Selain itu, kata dia, terdapat risiko dari pasar keuangan yang sepi karena investor lebih memilih untuk mengamankan asetnya. Dia juga menuturkan, pemilu bisa menjadi salah satu katalis yang mempengaruhi window dressing. Jono mengamati di tahun-tahun sebelum pemilu, IHSG terkoreksi dan investor asing keluar.

“Akan tetapi, setelah pemilu biasanya IHSG kembali optimis dengan kembalinya investor asing,” tutur dia. Adapun untuk sektor yang bisa diperhatikan di kuartal IV/2023 menurut Jono adalah sektor consumer, retail, dan semen. (HFAN/Arum)

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *