Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
Bisnis

BI, Bank Negara Malaysia dan Bank of Thailand Sepakat Dorong Penggunaan Mata Uang Lokal Masing-Masing Negara

78
×

BI, Bank Negara Malaysia dan Bank of Thailand Sepakat Dorong Penggunaan Mata Uang Lokal Masing-Masing Negara

Share this article
Gubernur Bank Indonesia Perry Waryijo
Example 468x60

HFANEWS.COM – Bank Indonesia (BI), Bank Negara Malaysia dan Bank of Thailand menyepakati untuk memperkuat kerja sama guna mendorong penggunaan mata uang lokal local currency transaction (LTC) masing-masing negara dalam transaksi bilateral.

Hal ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman oleh Gubernur Bank Sentral Indonesia, Malaysia dan Thailand di sela-sela Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral Asean (AFMGM) ke-10 di Hotel Mulia Jakarta, Jumat (25/8/2023).

Example 300x600

Sejalan dengan kesepakatan tersebut, Bank Indonesia terus memperluas kerja sama transaksi penggunaan mata uang lokal atau local currency transaction (LTC).

Kesepakatan ini juga menunjukkan komitmen Bank Indonesia, Bank Negara Malaysia, dan Bank of Thailand untuk memperkuat kerjasama penggunaan mata uang lokal dalam transaksi bilateral antar ketiga negara tersebut.

Baca Juga: https://kabarsolusi.com/megawati-minta-kpk-dibubarkan-nasdem-harus-dievaluasi-bukan-malah-langsung-membubarkan/

“Saya yakin perluasan konektivitas pembayaran regional dan transaksi mata uang lokal akan mampu mengatasi tantangan perekonomian global dan regional di masa depan,” ujar Gubernur Bank Indonesia Perry Waryijo.

Ketiga bank sentral tersebut meyakini bahwa hal tersebut akan memberikan kontribusi positif bagi stabilitas pasar keuangan serta pendalaman pasar keuangan dalam mata uang lokal di ketiga negara.

“Kami memandang perlu adanya strategi untuk mendorong penggunaan mata uang lokal dalam transaksi bilateral antar tiga negara,” kata Perry.

Penguatan kerja sama tersebut dilakukan melalui perluasan penggunaan mata uang lokal pada transaksi lintas batas yang lebih luas dari cakupan perdagangan dan investasi langsung (direct investment) saat ini, serta melalui sinerginya dengan inisiatif sistem pembayaran lintas negara untuk penyelesaian transaksi dalam mata uang lokal yang lebih mudah diakses dan efisien. (HFAN/Arum)

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *