Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
Bisnis

Harga Emas di Pasar Spot Sedikit Berubah US$2.172,58 Per Ons Troi

22
×

Harga Emas di Pasar Spot Sedikit Berubah US$2.172,58 Per Ons Troi

Share this article
Foto ilustrasi
Example 468x60

KABARSOLUSI.COM – Karena fokus investor beralih ke data inflasi Amerika Serikat (AS) yang akan dirilis akhir pekan ini. Harga emas terjebak dalam kisaran yang ketat pada hari Selasa (26/3/2024).

Melansir Reuters, harga emas di pasar spot sedikit berubah pada US$2.172,58 per ons troi, pada 0549 GMT. Sedangkan, harga emas berjangka AS turun 0,1% menjadi US$2.173,30 per ons troi.

Example 300x600

“Kami kekurangan katalis baru, namun untuk saat ini pasar tampaknya sedang berkonsolidasi – mengambil nafas setelah pergerakan yang cukup agresif,” kata Kyle Rodda, analis pasar keuangan di Capital.com.

Baca Juga: The Fed Menahan Suku Bunga, Harga Emas Melonjak

Di mana dapat memberikan lebih banyak petunjuk mengenai waktu penurunan suku bunga pertama The Fed tahun ini.

“Langkah selanjutnya mungkin bergantung pada rilis Indeks PCE minggu ini. Bukti disinflasi lebih lanjut di AS, yang akan mengurangi kekhawatiran akan kenaikan harga atau setidaknya kembali ke level yang lebih tinggi, akan sangat bullish untuk emas.”

Emas mencapai rekor tertinggi pada minggu lalu setelah para pengambil kebijakan The Fed mengindikasikan bahwa mereka masih memperkirakan akan menurunkan suku bunga sebesar tiga perempat poin persentase pada akhir tahun 2024 meskipun terdapat angka inflasi yang tinggi baru-baru ini.

Presiden Fed Chicago Austan Goolsbee mengatakan pada hari Senin bahwa pada pertemuan kebijakan Fed pekan lalu ia memperkirakan tiga kali penurunan suku bunga untuk tahun ini.

Sementara itu, Gubernur Fed Lisa Cook memperingatkan bank sentral AS perlu mengambil tindakan hati-hati dalam memutuskan kapan akan mulai menurunkan suku bunga.

Investor sekarang menantikan data indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi inti AS yang akan dirilis pada hari Jumat. Indeks terlihat naik 0,3% di bulan Februari, yang akan mempertahankan laju tahunan di 2,8%.

Para pedagang memperkirakan kemungkinan 70% bahwa The Fed akan mulai menurunkan suku bunga pada bulan Juni, menurut CME FedWatch Tool.

Suku bunga yang lebih rendah mengurangi biaya peluang untuk memegang emas batangan.

Sementara itu, indeks dolar tergelincir 0,3% terhadap mata uang lainnya, membuat emas lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya.

Di tempat lain, harga perak di pasar spot turun 0,2% menjadi US$24,63 per ons troi, platinum turun 0,3% menjadi US$899,87 dan paladium turun 0,1% menjadi US$1.003,68.(KS/Arum)

 

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *