Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
Hukum

Hari Ini Dewas KPK Panggil 4 Pegawai Kementan Terkait Pertemuan Firli Bahuri dan SYL

73
×

Hari Ini Dewas KPK Panggil 4 Pegawai Kementan Terkait Pertemuan Firli Bahuri dan SYL

Share this article
Foto Dewan Pengawas (Dewas) KPK
Example 468x60

HFANEWS.COM – Sebanyak empat pegawai Kementerian Pertanian (Kementan) dipanggil Dewan Pengawas (Dewas) terkait dugaan pemerasan dalam penanganan perkara dan pertemuan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri dengan eks Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL).

“Dijadwalkan pihak dari Kementan empat orang,” kata anggota Dewas KPK Albertina Ho melalui keterangan tertulisnya, dikutip Selasa (31/10/2023).

Example 300x600

Albertina tidak memerinci identitas pihak-pihak yang dipanggil Dewas KPK hari ini. Namun, informasi dari mereka masih sejalur dengan pemeriksaan dua Komisioner Alexander Marwata dan Johanis Tanak yang diperiksa kemarin, 30 Oktober 2023.

Sebelumnya, Alex menjelaskan kasus itu dilaporkan masyarakat pada Februari 2020. Pendalaman dilakukan setahun setelahnya. “Saya punya catatan, pada Februari 2020 betul ada laporan masyarakat terkait dugaan tindak pidana korupsi di Kementan. Kemudian dilakukan pul (pengumpulan) info pada Januari 2021 artinya satu tahun kemudian dilakukan pul info,” kata Alex di Gedung Dewas KPK, Jakarta Selatan, Senin, 30 Oktober 2023.

Baca Juga: Kapolri Minta Bawahannya Agar Serius Tangani Kasus Pemerasan Pimpinan KPK Terhadap SYL

Alex mengakui pihaknya sempat memperpanjang waktu pengumpulan informasi dalam perkara itu. Selanjutnya, Direktorat Pelayanan dan Pengaduan Masyarakat (PLPM) memaparkan pada April 2021.

Hasil paparan menghasilkan nota kedinasan yang menjelaskan pengumpulan informasi telah ditelaah. Selanjutnya, pimpinan menerima laporan hasil kerja itu.

“Tembusan dari penerusan laporan tadi disampaikan pimpinan bahwa atas laporan masyarakat ini sudah disampaikan ke Kedeputian Penindakan untuk dilakukan penyelidikan,” ucap Alex.

Seperti diketahui, Dewas KPK sedang mendalami dugaan pelanggaran etik yang dilakukan Firli Bahuri. Hal tersebut terkait beredarnya foto Firli bersama eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang berlokasi di lapangan bulutangkis.

Baca Juga: BI: Perang Israel VS Hamas Mendorong Kenaikan Harga Energi dan Pangan

Selain foto, Dewas juga mendalami perihal dugaan pemerasan yang dilakukan pimpinan KPK terhadap SYL.

Dewas pun memanggil seluruh pimpinan KPK untuk dimintai klarifikasi. Sejauh ini, yang sudah memenuhi panggilan KPK adalah Nurul Ghufron, Alexander Marwata, dan Johanis Tanak.

Sedangkan untuk Nawawi Pomolango belum bisa memenuhi panggilan dikarenakan sakit. Kemudian, Firli Bahuri meminta penjadwalan ulang setelah 8 November 2023. (HFAN/Arum)

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *