Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
BeritaNasional

Kalimantan Timur: IKN Nusantara Mendorong Minat Investor dengan Groundbreaking oleh Sejumlah Investor

722
×

Kalimantan Timur: IKN Nusantara Mendorong Minat Investor dengan Groundbreaking oleh Sejumlah Investor

Share this article
Example 468x60

HFANEWS.COM – Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur belakang ramai diminati investor. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menyebut sejumlah investor sudah melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking di IKN.

Sejumlah proyek yang groundbreaking antara lain hotel, perkantoran, rumah sakit, hingga pusat pengembangan olahraga. Menurutnya, hal ini merupakan dampak dari pembangunan infrastruktur dasar di IKN yang sudah dilakukan negara lewat APBN.

Example 300x600

“Pembangunan infrastruktur dasar di IKN telah memberikan dampak positif dengan masuknya investasi swasta, antara lain pembangunan rumah sakit, hotel, kantor, komersil dan ritel, serta pusat pengembangan olahraga,” ujarnya dalam Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI, Jakarta, Senin (20/11/2023).

BACA JUGA : Nicke Widyawati, Satu-satunya Wanita Asia Tenggara di Daftar 100 Wanita Paling Berpengaruh Menurut Fortune

Berdasarkan laporan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), besaran investasi swasta yang masuk dari September hingga Desember adalah Rp 45 triliun.

Menurut Basuki, groundbreaking di IKN juga bakal berlanjut pada Januari tahun depan. “Pada bulan-bulan nanti Januari akan dilakukan groundbreaking-groundbreaking lagi,”

Dalam kesempatan itu Basuki menyebut progres pembangunan fisik IKN sudah mencapai 22,1% per November 2023. Untuk tahap 1, yaitu antara 2020 sampai Maret 2023, dengan anggaran Rp 24 triliun dan 40 paket pekerjaan, progresnya sudah mencapai 53,27%.

” Termasuk kantor-kantor pemerintah, Kemenko, kemudian kantor Presiden, dan jalan tol dan sebagainya, itu 53,2%,” jelasnya.

Sementara untuk tahap 2, yaitu setelah Maret 2023, progresnya sudah menyentuh 1,2%. Terdapat 45 paket pekerjaan dengan total pagu anggaran Rp 36,46 triliun. Proyeknya mencakup instalasi pengolahan air limbah (IPAL), infrastruktur air minum, dan lainnya.

(hfan/dvd)

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *