Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
Bisnis

Kejar Target, Pemerintah akan Percepat Penyaluran KUR

59
×

Kejar Target, Pemerintah akan Percepat Penyaluran KUR

Share this article
Example 468x60

HFANEWS.COM – Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, ekonomi Indonesia pada kuartal III/2023 tumbuh sebesar 4,94% secara tahunan, melambat dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Untuk itu, Teten menilai perlu adanya upaya antisipasi mengingat ekonomi Indonesia pada 7 kuartal sebelumnya selalu berada di atas 5%.

Terkait itu, Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM), Teten Masduki, menyampaikan, pemerintah akan mempercepat penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) dalam dua bulan ke depan, sebagai upaya menjaga laju target pertumbuhan ekonomi nasional.

Example 300x600

“Dalam dua bulan ke depan, kita akan berupaya mengejar target pertumbuhan ekonomi, di mana pemerintah akan mengandalkan stimulus fiskal, salah satunya dengan mempercepat penyaluran KUR,” kata Teten dalam keterangan tertulis, Selasa (7/11/2023).

Terkait KUR, Teten mengatakan pemerintah tengah mendorong peningkatan akses pembiayaan KUR dengan pendampingan kepada pelaku usaha mikro ke lembaga keuangan yang tersebar di 15 provinsi.

“Pada saat ini sudah terdampingi sebanyak 3.229 pelaku usaha mikro dengan plafon pengajuan sebesar Rp155,62 miliar dengan realisasi pencairan plafon sebesar Rp91,9 miliar,” jelas Teten.

Baca Juga: Berantas Pinjol Ilegal, OJK Bersama para Stakeholders Susun Roadmap Pengembangan dan penguatan Pinjol P2P Lending

Agar penyaluran KUR sesuai target yang ditetapkan, pemerintah melakukan sejumlah strategi di antaranya melaksanakan monitoring dan evaluasi guna mendorong penyalur KUR yang penyerapannya masih rendah.

Selain itu, lanjut Teten, pemerintah juga membuka opsi sinergi penyaluran KUR dengan kebijakan antar kementerian/lembaga serta melakukan relaksasi peraturan yang masih dirasa kurang jelas dalam pelaksanaannya di lapangan.

Strategi lain yang ditempuh pemerintah yaitu dengan mendorong percepatan implementasi Kredit Usaha Alsintan (KUA). Hal ini bertujuan untuk mendorong efisiensi penyaluran kredit atau pembiayaan pada sektor pertanian.

Teten menuturkan, percepatan implementasi KUA ini didukung dengan optimalisasi pemerintah daerah untuk mengunggah data calon debitur KUR baru dan bekerja sama dengan penyalur KUR ke SIKP, serta mendorong penyalur KUR untuk melakukan extra effort melalui pelaksanaan weekend banking dalam penyaluran KUR. (HFAN/Arum)

 

 

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *