Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
BeritaBisnis

Kenaikan Produksi OPEC dan Pasar Minyak Dunia, Analisis Terkait Penurunan Harga

36
×

Kenaikan Produksi OPEC dan Pasar Minyak Dunia, Analisis Terkait Penurunan Harga

Share this article
Example 468x60

HFANEWS.COM – Harga minyak dunia mengalami penurunan disebabkan karena adanya pemangkasan harga minyak mentah yang dilakukan oleh Arab Saudi. dan hal Ini juga dipengaruhi oleh kenaikan produksi OPEC.

Menurut dari Reuters, minyak mentah Brent turun US$ 2,64 (3,4%) menjadi US$ 76,12 per barel. Sementara minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS turun $3,04 (4,1%), menjadi US$ 70,77 per barel.

Example 300x600

Naiknya produksi minyak OPEC disebabkan karena masih adanya ketegangan geopolitik di Timur Tengah, setelah serangan Houthi Yaman terhadap kapal di Laut Merah.

BACA JUGA : Ganjar akan Tunjuk Jenderal Bintang 3 di Kepolian untuk Keamanan Siber

Peningkatan pasokan dan persaingan dari produsen lainnya, mendorong Arab Saudi untuk memangkas harga jual resmi ke level terendah dalam 27 bulan terakhir (Official Selling Price/OSP) minyak mentah Arab Light mereka ke Asia.

“Hal ini meningkatkan kekhawatiran mengenai permintaan di China dan juga permintaan global. Pasar saham berada pada awal yang lemah tahun ini dan berita dari Arab Saudi ini telah menyebabkan kejatuhan,” kata Analis Price Futures Group Phil Flynn dikutip dari reuters.

Sementara itu, survei Reuters pada hari Jumat lalu menemukan, produksi minyak OPEC meningkat pada bulan Desember karena peningkatan di Angola, Irak dan Nigeria, mengimbangi pengurangan yang berkelanjutan oleh Arab Saudi dan anggota aliansi OPEC+ lainnya.

Peningkatan ini terjadi menjelang pengurangan produksi OPEC+ lebih lanjut pada tahun 2024 dan keluarnya Angola dari OPEC mulai tahun ini. Kondisi ini menjadi faktor-faktor yang diperkirakan akan menurunkan produksi dan pangsa pasar pada bulan Januari.

“Jika kita hanya fokus pada fundamental, termasuk persediaan yang lebih tinggi, produksi OPEC/non-OPEC yang lebih tinggi, dan OSP Saudi yang lebih rendah dari perkiraan, tidak mungkin ada hal lain selain bearish pada minyak mentah,” kata Analis IG Tony Sycamore.

Di samping itu, penurunan harga minyak juga dipicu oleh force majeure yang dilakukan Perusahaan Minyak Nasional Libya pada hari Minggu di ladang minyak Sharara. Adapun ladang minyak tersebut dapat memproduksi hingga 300.000 barel per hari.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken meningkatkan intensitas pembicaraan dengan para pemimpin Arab sebagai bagian dari dorongan diplomatik untuk menghentikan perang di Gaza agar tidak meluas. (hf/dvd)

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *