Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
BeritaEkonomi

Perekonomian Indonesia Tetap Kuat di Tengah Goncangan Global, Menurut Ketua OJK

831
×

Perekonomian Indonesia Tetap Kuat di Tengah Goncangan Global, Menurut Ketua OJK

Share this article
Example 468x60

HFANEWS.COM – Ketua Dewan Komisioner (DK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar menyebut kondisi daya tahan dari perekonomian Indonesia terjaga baik di kala kondisi global yang sedang mengalami goncangan dan ketidakpastian yang tinggi.

Tentu kita juga mencatat bahwa ruang pertumbuhan perekonomian Indonesia di waktu yang akan datang tetap besar.

Example 300x600

Terbuka, baik dari kacamata sektor yang berlangsung maupun juga dalam konteks terkait dengan perbaikan akses literasi maupun juga kontribusi sektor jasa keuangan yang akan semakin besar lagi terhadap peningkatan pertumbuhan ekonomi itu sendiri,” ujar Mahendra.

BACA JUGAIHSG Berkonsolidasi Menguat Hari Ini Bertepatan dengan Harbolnas 2023

Ia menunjukan bahwa negara-negara tetangga di kawasan Asia Tenggara mengalami perlambatan pertumbuhan ekonomi yang drastis dari tahun 2022 ke tahun 2023. Seperti Malaysia, dari 8,7% pada 2022 diperkirakan turun 3,9% pada 2023 data ini berdasarkan dari World Bank East Asia Pacific Update Oktober 2023.

Sementara itu, sumber yang sama dan Asian Development Bank (ADB) September 2023 sama-sama memproyeksikan bahwa perekonomian Indonesia akan tumbuh 5% tahun depan.

“Artinya dari segi daya tahan Indonesia lah perekonomian yang paling memiliki resiliensi tertinggi di 2023 ini di tengah kondisi global yang tak mudah,” ucap Mahendra.

Mahendra juga menyebut bahwa permodalan bank di Indonesia lebih kuat dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia. Secara rata-rata rasio permodalan atau capital adequacy ratio (CAR) bank di Tanah Air per Oktober 2023 seesar 27,48%.

Hal itu, lanjut Mahendra, menunjang solidnya sektor jasa keuangan dalam negeri, terutama perbankan. Terlebih bila mengingat krisis perbankan di Amerika Serikat dan Swiss pada awal tahun ini.

Oleh karena itu OJK akan terus mendorong industri keuangan menjalankan mitigasi risiko dan juga dapat memberikan kontribusi optimal dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

OJK bersama lembaga jasa keuangan secara berkala melakukan stress test untuk mengetahui ketahanan permodalan dan likuiditas. (hf/dvd)

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *