Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
Otomotif

Viral, Rangka eSAF Motor Honda Mudah Patah, Benarkah ?

531
×

Viral, Rangka eSAF Motor Honda Mudah Patah, Benarkah ?

Share this article
Example 468x60

HFANEWS.COM – Beredar narasi viral di berbagai media sosial menyebutkan jika rangka enhanced smart architecture frame (eSAF) di sejumlah sepeda motor Honda mudah patah.

 

Example 300x600

Diketahui, rangka eSAF merupakan struktur yang menghubungkan bagian depan motor dengan tempat duduk pengendara.

 

Lantas benarkah rangka eSAF pada motor Honda mudah keropos? Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) Octavianus Dwi Putro mengatakan, ada beberapa faktor yang menyebabkan rangka sepeda motor bisa patah. Hal itu bergantung dari case atau kasus kerusakannya. Bila case merupakan kesalahan dari pabrik, maka pihaknya akan melakukan penggantian.

 

“Beberapa perlu ada investigasi lebih lanjut. Kami akan tangani. Jadi, tergantung kasusnya. Ada yang karena pemakaian, ada yang kena air laut. Nah itu banyak case-nya. Makanya saya enggak bisa ngomong, case by case saja,” kata Oktavianus, Rabu (16/8/2023).

 

Sementara itu, ahli mesin Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Jayan Sentanuhady menjelaskan bahwa rangka eSAF adalah structur brand milik Honda. Rangka tersebut berfungsi untuk menopang beban penumpang, mesin, dan alat-alat aksesori. “Ya, seperti pada umumnya rangka,” kata Jayan.

 

Lantas menurut Jayan, ada beberapa penyebab eSAF mudah patah seperti yang viral dikeluhkan warganet di media sosial. Kata dia, rangka dari merek apa pun akan patah bila menopang beban melebihi kekuatan struktur.

 

Namun, kekuatan struktur saat patah tidaklah sama dengan kekuatan struktur ketika motor keluar dari pabrik. Hal itu terjadi karena pemakaian motor yang lama sehingga terjadi proses korosi yang menyebabkan material menjadi lebih tipis. “Ada juga kemungkinan strukturnya sudah fatique (kelelahan material),” ungkap Jayan.

 

Faktor penyebab rangka mudah keropos adalah sepeda motor yang berkarat. Salah satu kemungkinannya, kata Jayan, adalah motor yang digunakan di daerah pesisir laut mengalami korosi sehingga pengeroposan terjadi lebih cepat.

 

Tak hanya itu. Rangka yang keropos juga bisa disebabkan bekas las yang secara natural biasanya cepat berkarat walau motor tidak digunakan di daerah pantai.

 

Untuk mencegah rangka sepeda motor yang mudah patah, Jayan menyarankan agar tidak membebani motor dengan beban secara berlebihan. “Berboncengan tiga (orang), membawa barang yang berat itu sebaiknya dihindari,” saran Jayan.

 

Selain itu, ia meminta pengendara untuk tidak melibas lubang di jalan dengan kecepatan tinggi.

 

Jika rangka sepeda motor telanjur patah, pengguna bisa memperbaiki motornya di bengkel resmi. Selain itu, Jayan menyebut rangka patah juga bisa diperbaiki di bengkel biasa yang mempunyai mesin las.
(HFAN/DVD)

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *