Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
Pertambangan

Bahas Dana Konpensasi Batu Baru, Pelaku Usaha Belum Diundang Pemerintah

13
×

Bahas Dana Konpensasi Batu Baru, Pelaku Usaha Belum Diundang Pemerintah

Share this article
Ilustrasi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebut skema pungut salur dana kompensasi domestic market obligation (DMO) batu bara lewat format mitra instansi pengelola (MIP) telah masuk tahap finalisasi.
Example 468x60

KABARSOLUSI.COM – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebut skema pungut salur dana kompensasi domestic market obligation (DMO) batu bara lewat format mitra instansi pengelola (MIP) telah masuk tahap finalisasi.

Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Indonesia – Indonesia Mining Association (API-IMA) Hendra Sinadia mengatakan, terkait dengan skema ini pihak dari pelaku usaha belum diundang untuk membahas lebih lanjut masalah dana kompensasi ini.

Example 300x600

“Sejauh ini pihak pelaku usaha yang di wakili oleh asosiasi belum diundang oleh pemerintah membahas skema terkini dari Dana Kompensasi Batubara melalui MIP,” kata Hendra saat dihubungi, Kamis (23/5/2024).

Hendra menyampaikan, skema yang saat ini sedang digodok pemerintah merupakan skema yang diharapkan oleh para pelaku usaha sejak rencana ini disuarakan.

Sebab, skema ini merupakan solusi permanen permasalahan pelaksanaan kewajiban DMO yang bisa memberi kan “level playing field” kepada pelaku usaha. Namun, Hendra menuturkan, skema MIP ini jangan sampai menambah beban tambahan bagi pelaku usaha ditengah harga batu bara yang belum stabil.

“Selain itu skema DKB perlu dikaji jangan sampai menambah beban apalagi ada kewajiban DHE SDA yang menyulitkan pelaku usaha mengatur arus kas,” ujarnya.

Baca Juga: Minyak Mentah Menguat, Harga Emas Menyentuh All Time High, Harga Batu Bara Lesu

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agus Cahyono Adi mengatakan sampai saat ini aturan terkait MIP masih menunggu finalisasi dibawah Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

“Mitra instansi pengelola (MIP) menungu regulasi yang sedang dalam proses finalisasi dibawah koordinasi Kemenko Marves,” kata Agus saat dihubungi, Rabu (22/5/2024).

Di sisi lain, Sekretaris Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara (Ditjen Minerba), Siti Sumilah Rita Susilawati menyampaikan bahwa skema pungut salur dana kompensasi DMO masih berproses diselesaikan Peraturan Presiden (Perpres).

“Mitra instansi pengelola (MIP) MIP masih diselesaikan Perpresnya,” ujar Rita.

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyebut bahwa skema pungut salur dana kompensasi domestic market obligation (DMO) batu bara lewat format mitra instansi pengelola (MIP) kini telah masuk tahap finalisasi.

Arifin mengatakan saat ini draf dari peraturan presiden (perpres) soal MIP batu bara ini pun sudah diparaf olehnya dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Rencananya, penerapan uji coba skema tersebut juga bakal dilakukan akhir tahun ini hingga Januari 2024.

“Terkait dengan MIP, dana kompensasi batu bara atau DKB bahwa saat ini draf perpres sudah tahap finalisasi. Jika hal tersebut diselesaikan, uji coba dan sosialisasi MIP kepada pelaku usaha akan dilaksanakan,” ujar Arifin saat rapat kerja (raker) dengan Komisi VII DPR, Selasa (21/11/2023).

Menurut Arifin, draf MIP tersebut juga masih mencakup tambahan poin dari pihak Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves), yang juga sudah dimasukan dan draf dari MIP ini sudah diserahkan ke Sekretariat Negara (Setneg). (KS/Arum)

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *