Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
Pertambangan

Soal Implementasi Skema Pungut Salur Batubara, Sekjend ESDM : Pembahasan Mengerucut pada Aspek Mekanisme Penerapan Royalti

410
×

Soal Implementasi Skema Pungut Salur Batubara, Sekjend ESDM : Pembahasan Mengerucut pada Aspek Mekanisme Penerapan Royalti

Share this article
Foto Ilustrasi Implementasi skema pungut salur batubara melalui Mitra Instansi Pemerintah berpotensi dilakukan dalam waktu dekat.
Example 468x60

HFANEWS.COM – Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Dadan Kusdiana mengungkapkan, pembahasan lintas kementerian tengah dilakukan dengan koordinasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

“Sudah dekat (implementasinya). Dalam rapat Senin, itu sudah hampir tidak ada masalah, maksudnya tidak ada perbedaan pendapat antara kementerian,” terang Dadan ditemui di Kementerian ESDM, Kamis (10/8/2023).

Example 300x600

Implementasi skema pungut salur batubara melalui Mitra Instansi Pemerintah berpotensi dilakukan dalam waktu dekat.

Dadan menjelaskan, saat ini pembahasan mengerucut pada aspek mekanisme penerapan royalti.

Baca Juga: https://kabarsolusi.com/gomedia-id-platform-toko-buku-online-terdepan-di-indonesia/

Nantinya, para pelaku usaha akan dipungut biaya secara proporsional bergantung pada besaran produksi batubara.

“Kalau pungutan ini dipakai untuk membayar selisih batubara yang dipakai untuk PLN. Itu kan selisihnya dinamis,” terang Dadan.

Sementara itu, Staf Khusus Menteri ESDM Bidang Percepatan Tata Kelola Minerba Irwandy Arif mengungkapkan, pembahasan terkait royalti dan skema PPN sudah tuntas.

“Artinya sekarang prosesnya ada di perubahan Harga Batubara Acuan (HBA). Kemarin kan pelaku usaha meminta supaya HBA mendekati harga jual yang benar,” pungkas Irwandy. (HFAN/Arum)

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *