Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
Bisnis

Emiten PORT Resmi Teken Jual Beli Saham dengan Perusahaan China Senilai Rp954 Miliar

98
×

Emiten PORT Resmi Teken Jual Beli Saham dengan Perusahaan China Senilai Rp954 Miliar

Share this article
Example 468x60

HFANEWS.COM – Emiten pelabuhan, PT Nusantara Pelabuhan Handal Tbk.(PORT) resmi menandatangani perjanjian jual beli saham dengan China Merchants Port Holdings Company Limited (CMP), perusahaan asal Hong Kong.

Mengutip keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), ditulis Kamis (23/11/2023), PT Nusantara Pelabuhan Handal Tbk (PORT) mengumumkan pemegang saham pengendali perseroan yakni PT Episenta Utama Investasi (EUI) yang memiliki 74,06 persen saham PORT dan China Merchants Port Holdings Company Limited telah menandatangani perjanjian pembelian saham pada 20 November 2023. Perjanjian itu sehubungan penjualan 51 persen kepemilikan saham EUI di perseroan kepada CMP dengan nilai transaksi sebesar US$ 61,2 juta atau setara Rp954 miliar.

Example 300x600

Baca Juga: Menteri Keuangan Sri Mulyani Menyinggung Soal Belanja APBN

Corporate Secretary PORT Lina, menuturkan dalam keterangan resmi, penandatanganan jual- beli Saham dengan CMP dilakukan pada tanggal 20 November 2023.

“Transaksi penutupan atas Penjualan Saham tunduk kepada pemenuhan syarat yang diatur dalam Perjanjian, termasuk namun tidak terbatas pada persetujuan yang diperlukan oleh pihak CMP dan ketentuan peraturan perundang-undangan, ” jelas Lina secara tertulis, Kamis (23/11/2023).

Lina melanjutkan, dengan aksi korporasi ini dampak hukum dari transaksi Penjualan Saham di atas adalah terjadinya perubahan pengendali Perseroan menjadi CMP.

Lina menambahkan, dampak hukum dari transaksi penjualan tersebut terjadinya perubahan pengendali perseroan menjadi CMP. “Transaksi ini bukan merupakan transaksi afiliasi,” kata Lina.

Dalam beberapa tahun terakhir, grup secara aktif eksplorasi dan jika dianggap tepat menangkap peluang akuisisi yang tersedia di luar negeri. Hal ini sebagai sarana untuk secara efektif menambah pendorong pertumbuhan baru terhadap pertumbuhan yang sudah ada dan bisnis Pelabuhan yang tumbuh secara berkelanjutan. (HFAN/Arum)

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *