Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
BeritaBisnis

Harga Minyak Naik Tinggi Terkait Antisipasi Pertumbuhan Permintaan Global

50
×

Harga Minyak Naik Tinggi Terkait Antisipasi Pertumbuhan Permintaan Global

Share this article
Example 468x60

HFANEWS.COM – Harga minyak naik lebih tinggi pada perdagangan hari ini, sebelumnya didorong perkiraan permintaan global yang lebih tinggi serta penurunan stok minyak mentah AS.

Pada pembukaan perdagangan, harga minyak mentah WTI dibuka menguat 0,20% di posisi US$74,23 per barel, begitu juga dengan harga minyak mentah brent dibuka naik 0,16% di posisi US$79,09.

Example 300x600

Pada perdagangan selanjutnya kharga minyak mentah WTI ditutup melesat 2,09% di posisi US$74,08 per barel, sementara harga minyak mentah brent melonjak 1,52% ke posisi US$78,96 per barell.

BACA JUGA : Fluktuasi Pasar Cabai Rawit, Dari Puncak Harga ke Penurunan Drastis

Harga minyak berakhir lebih tinggi pada perdagangan Kamis setelah Badan Energi Internasional (IEA) bergabung dengan kelompok produsen OPEC.

Dalam memperkirakan pertumbuhan kuat dalam permintaan minyak global dan cuaca musim dingin yang dapat mengganggu produksi minyak mentah AS sementara pemerintah melaporkan penurunan besar terhadap persediaan minyak mentah.

Para pedagang minyak juga mengkhawatirkan risiko geopolitik di Timur Tengah. Pakistan melakukan serangan di wilayah Iran, menargetkan militan separatis Baluchi, menurut kementerian luar negeri negara tersebut.

Badan Informasi Energi AS melaporkan penurunan persediaan minyak mentah yang lebih besar dari perkiraan sebesar 2,5 juta barel dalam pekan yang berakhir 12 Januari.

Laporan bulanan IEA memperkirakan permintaan minyak akan tumbuh sebesar 1,24 juta barel per hari (bph) pada tahun 2024, naik 180.000 barel per hari dari proyeksi sebelumnya.

Organisasi Negara-negara Penghasil Minyak (OPEC) memperkirakan pertumbuhan permintaan sebesar 2,25 juta barel per hari tahun ini, tidak berubah dari perkiraan pada bulan Desember.

Kelompok produsen juga mengatakan permintaan minyak diperkirakan akan meningkat sebesar 1,85 juta barel per hari pada tahun 2025 menjadi 106,21 juta barel per hari. (hf/dvd)

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *