Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
Ekonomi

Ini Alasan BI Gelar Program Penukaran Uang Baru Lebaran 2024

18
×

Ini Alasan BI Gelar Program Penukaran Uang Baru Lebaran 2024

Share this article
Mobil kas keliling perbankan siap melayani penukaran uang baru untuk Lebaran 2024 yang digelar Bank Indonesia (BI) di Istora Senayan
Example 468x60

KABARSOLUSI.COM – Sudah menjadi tradisi Islam, utamanya di Indonesia, pembagian uang kepada saudara, ponakkan maupun tetangga itu selalu dilakukan. Maka itu perlu ada uang receh.

Terkait itu, Bank Indonesia (BI) mengingatkan bahwa batas penukaran uang baru untuk Lebaran 2024 melalui layanan kas keliling maksimal Rp4 juta per orang.

Example 300x600

Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim mengatakan tujuan program penukaran uang baru bertajuk Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) untuk memberikan kebahagaiaan kepada masyarakat yang akan merayakan IdulFitri.

Dia mengatakan masyarakat yang sudah mendaftarkan diri di aplikasi PINTAR bisa menukar uang maksimal Rp4 juta per orang dengan pecahan Rp1000, Rp2000, Rp5000, Rp10.000, Rp20.000, Rp50.000 dan Rp 100.000.

Baca Juga: Sambut Lebaran 2024, Zulhas Pastikan Stok BBM Aman

“Kenapa kami kasih paket [Rp4 juta per orang]? Kami menginginkan tidak menumpuk pada satu dua orang, tetapi kepada sebagian besar masyarakat karena banyak sekali ingin melakukan penukaran uang jelang Lebaran,” ujarnya di Istora Senayan, Kamis (28/3/2024).

Lebih lanjut, Marlison mengatakan masyarakat dapat mendaftarkan diri dan mengisi identitas melalui situs PINTAR BI sebelum menukarkan uang di kas keliling. Pasalnya, petugas di lapangan akan mengecek atau melalukan verifikasi data sesuai dengan KTP yang dilampirkan di PINTAR BI.

“Harus sesuai dengan ktpnya, kalau enggak sesuai mohon maaf kami tidak layani karena ini kita menyangkut keadilan karena masih banyak masyarakat yang menginginkan uang baru,” jelasnya.

Marlison mengatakan pihaknya membuka kuota 5.000 pendaftaran per melalui PINTAR BI untuk penukarang uang melalui kas keliling BI. Meski demikian, dia mengakui bahwa kuota pendaftaran tersebut langsung ludes dalam waktu singkat.

Untuk mengantisipasi tingginya animo masyarakat yang ingin menukarkan uang baru, dia pun membuka opsi bagi warga yang tidak bisa mengisi PINTAR BI tapi ingin datang langsung ke Istora Senayan.

“Sekiranya InsyaAllah masih ada stok yang tersedia tentunya masyarakat yang go show, akan kami upayakan dan layani, tetapi kami prioritaskan yang di Pintar BI dulu karena sudah cukup banyak,” imbuhnya.

Terakhir, Marlison meminta kepada masyarakat kami agar tetap tertib dan teratur selama proses penukaran uang. BI juga sudah menggandeng aparat keamanan yang akan menjaga, melihat, mengawasi, ada proses verifikasi di dua loket di Istora Senayan.

BI juga menyediakan layanan paramedis dan hiburan dari pengamen ibu kota secara bergantian selama periode penukaran uang berlangsung.

“Sekali lagi kepada masyarakat tertib, teratur, disiplin dan InshaAllah kita akan memberikan kenyaman kepada bapak-ibu sekalian, di bulan puasa ini gaboleh ada yang emosi, sabar pasti dapat semua, gak boleh emosi nanti puasanya batal hanya masalah antrean menunggu saja gitu, kita akan berikan senyaman-nyamannya,” ucapnya.

Sebagai informasi, layanan penukaran uang baru lewat kas keliling BI tersebut digelar selama 4 hari ke depan, dimulai dari 28 Maret 2024 hingga 31 Maret 2024. Masyarakat diharapkan datang sejak pagi hari untuk mengambil nomor antrean dan mengikuti proses verifikasi data sebelum akhirnya menukarkan uang baru di loket perbankan dan mobil kas keliling. (KS/Arum)

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *