Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
Hukum

Obral Izin Tambang di Maluku Utara Tengah Disorot KPK

44
×

Obral Izin Tambang di Maluku Utara Tengah Disorot KPK

Share this article
Ilustrasi, Gedung KPK
Example 468x60

KABARSOLUSI.COM – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuka kemungkinan untuk menetapkan tersangka korporasi dalam dugaan praktik suap izin usaha pertambangan di Maluku Utara, yang menjerat Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba (AGK).

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan, saat ini pihaknya tengah mengusut dugaan obral izin tambang di Maluku Utara, yang menyeret AGK. Sebelumnya, AGK telah ditetapkan tersangka kasus dugaan suap perizinan proyek infrastruktur di Maluku Utara. Kemudian, penyidik KPK mengembangkan penyidikannya ke berbagai perizinan lain termasuk tambang.

Example 300x600

Menurut Ali, ada dua subjek pelaku korupsi yakni perorangan dan badan hukum, termasuk korporasi. Dia mengatakan bahwa banyak contoh korporasi yang diputus bersalah di pengadilan pada sejumlah kasus yang ditangani KPK.

Baca Juga: Kasus Firli Bahuri Bukan Kasus Sederhana, “Yusril Khawatir Bisa Membuat Konflik Polri-KPK”

“Sepanjang kemudian memang fakta-faktanya bisa ditemukan ada pertanggungjawaban korporasi, dan itu secara normatif hukumannya hanya berupa denda. Kan enggak mungkin korporasi dipenjara,” ujar Ali kepada wartawan, Selasa (20/2/2024).

Lembaga antiruasuah pun kini telah memanggil sejumlah saksi swasta dari perusahaan-perusahaan tambang di Maluku Utara untuk diperiksa. Teranyar, penyidik KPK memeriksa Direktur Utama PT Adidaya Tangguh Eddy Sanusi, Senin (19/2/2024).

Dari keterangannya, KPK turut menelisik dugaan aliran uang yang diterima AGK melalui orang kepercayaannya. Beberapa pengusaha tambang lainnya yang juga sudah dipanggil KPK yakni Direktur Utama PT Trimegah Bangun Persada Tbk. (NCKL) atau Harita Nickel Roy Arman Arfandy (belum hadir); Direktur Utama PT Nusa Halmahera Mineral (NHM) Romo Nitiyudo Wachjo atau Haji Robert; dan Direktur Halmahera Sukses Mineral Ade Wirawan Lohisto. (KS/Arum)

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *