Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
BeritaInternasional

Presiden AS Menegaskan Putin Mengancam Keamanan Sekutu NATO

716
×

Presiden AS Menegaskan Putin Mengancam Keamanan Sekutu NATO

Share this article
Example 468x60

HFANEWS.COM – Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin tidak hanya berusaha menghancurkan Ukraina, tetapi juga mengancam beberapa sekutu NATO, termasuk AS.

Ketika negara eropa dibiarkan bertindak kasar, risikonya Amerika Serikat akan terlibat langsung. Dan dampaknya memengaruhi seluruh dunia,” kata Biden

Example 300x600

Biden juga menyebut setelah Rusia melancarkan serangan udara terbesarnya ke Ukraina sejak perang kedua negara pecahan Soviet itu dimulai Februari 2022.

BACA JUGA : Pergerakan Harga Minyak, Kenaikan Terjadi pada Perdagangan Terakhir Tahun 2023

Serangan dengan drone dan rudal tersebut menghantam rumah sakit bersalin, pusat perbelanjaan, dan sejumlah kawasan pemukiman di Ukraina. Setidaknya 31 orang tewas dan 120 lainnya terluka.

Merespons serangan ini, Biden pun menyebut Putin hingga kini masih “ngotot” dengan tujuannya menghancurkan Ukraina.

Biden menyebut Ukraina saat ini menggunakan sistem pertahanan udara yang disediakan AS, sekutu, serta mitra, untuk berhasil mencegat dan menghancurkan rudal-rudal dan drone Kremlin. Dia pun mendesak Kongres untuk segera menyetujui pengiriman bantuan lanjutan ke Ukraina.

“Jika Kongres tidak mengambil tindakan segera di tahun baru, kami tidak akan bisa terus mengirim senjata dan sistem pertahanan udara vital yang dibutuhkan Ukraina untuk melindungi rakyatnya. Kongres harus melangkah dan bertindak tanpa menunda-nunda lagi,” tutur Biden.

Upaya Biden mengirimkan bantuan tambahan ke Ukraina menemui jalan terjal karena penolakan dari Partai Republik. Republik ogah menyetujui pengiriman bantuan yang diminta Biden kecuali Demokrat setuju untuk memperketat keamanan di sepanjang perbatasan AS-Meksiko. (hf/dvd)

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *