Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
Nasional

Presiden Jokowi Tunjuk Sandiaga Uno Jadi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim

85
×

Presiden Jokowi Tunjuk Sandiaga Uno Jadi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim

Share this article
Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim.
Example 468x60

HFANEWS.COM – Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim. Penunjukkan itu tertuang dalam surat Menteri Sekretaris Negara Pratikno Nomor B-3432/MENKO/RT.01.00/VIII/2023.

Penunjukan keduanya lantaran Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarinves) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi yang kini tengah mengikuti lawatan Jokowi ke kawasan Afrika.

Example 300x600

Dikutip dari akun Instagram resminya, dia membenarkan tugas untuk menjadi menko marves ad interim dimulai Sabtu (19/8/2023). Keputusan itu tertuang dalam Surat Menteri Sekretaris Negara tertanggal 18 Agustus 2023. “Saya siap mengemban amanah ini,” ujarnya.

Sandiaga lantas mengajak masyarakat mendoakan perjalanan Jokowi dan delegasi di Afrika untuk menghadiri undangan Konferensi Tingkat Tinggi BRICS dan melakukan pertemuan bilateral dengan berbagai kepala negara berjalan dengan lancar.

Sebelumnya, Sandiaga juga ditunjuk menjadi Menteri ESDM Ad Interim. Ia mengisi posisi Arifin Tasrif hingga 23 Agustus 2023.

Presiden Jokowi hari ini bertolak ke Afrika. Jokowi akan berkunjung ke empat negara, yakni Kenya, Tanzania, Mozambik, dan Afrika Selatan.

Baca Juga: https://kabarsolusi.com/ditopang-150-saham-yang-menguat-ihsg-parkir-di-zona-hujau/

“Hari ini saya dengan delegasi terbatas akan bertolak menuju ke Afrika. Kami akan berkunjung ke empat negara yaitu Kenya, Tanzania, Mozambik dan Afrika Selatan dan ini merupakan kunjungan pertama saya sebagai Presiden ke kawasan Afrika,” kata Jokowi melalui jumpa pers yang disiarkan kanal YouTube Setpres, Minggu (20/8/2023).

Jokowi menjelaskan Indonesia dan Afrika memiliki hubungan historis yang panjang. Sebab, Indonesia merupakan penggagas dan tuan rumah Konferensi Asia Afrika di tahun 1955.

“Indonesia juga berperan penting dalam melahirkan gerakan non-blok saat itu dan spirit Bandung inilah yang akan saya bawa dalam kunjungan ke Afrika dengan memperkokoh solidaritas dan kerjasama diantara negara-negara global south,” tuturnya.

Kemudian, Presiden Jokowi melanjutkan perjalannya ke Kenya dan Tanzania. Tahun lalu juga secara resmi membuka kedutaan besar di Jakarta. Hal itu menunjukkan komitmen kedua negara tersebut untuk terus memperkuat kerjasama dengan Indonesia.

“Dan Mozambik adalah negara Afrika pertama di mana Indonesia memiliki PTE, preferential trade agreement,” ujar Jokowi.

Turut mendampingi Jokowi dalam penerbangan menuju Kenya yaitu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, Komandan Paspampres Mayjen TNI Rafael Granada Baay, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin. (HFAN/Arum)

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *