Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
BeritaBisnis

Investasi dan Bisnis, Menteri ESDM Dorong Kerja Sama Strategis dengan Venezuela

689
×

Investasi dan Bisnis, Menteri ESDM Dorong Kerja Sama Strategis dengan Venezuela

Share this article
Example 468x60

HFANEWS.COM – Menteri ESDM Arifin Tasrif telah melakukan kunjungan kerja ke Venezuela membahas tentang investasi dan bisnis. Dari hasil tersebut, diperoleh kerja sama bilateral di bidang minyak dan gas bumi.

Kementerian ESDM terus membuka komunikasi dengan pihak Venezuela menyangkut kerja sama ini. Menurutnya, Venezuela mempunyai potensi migas yang besar.

Example 300x600

“Sekarang kan mereka itu punya potensi yang sedemikian besar ya untuk migas, kita ke sana dalam rangka menjajaki hal tersebut,” ujar Dadan Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

BACA JUGA : Didukung Permintaan Domestik yang Solid, Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tetap Kuat

Hasil kunjungan kerja Arifin Tasrif ke Venezuela membuahkan kesepakatan kedua negara di bidang migas dalam Memorandum of Understanding (MoU) MoU itu ditandatangani Arifin bersama Menteri Perminyakan Venezuela Pedo Rafael Tellechea Kunjungan itu dilangsungkan pada 18 Januari 2024.

“Kami mencatat bahwa kedua negara dapat berbagi peluang bisnis yang memungkinkan di sektor energi, terutama di bidang minyak dan gas,” kata Arifin, dikutip dari keterangan resmi di situs Kementerian ESDM.

MoU antar kedua negara tersebut mencakup kerja sama bisnis hulu migas antar kedua negara, penerapan peningkatan perolehan minyak tahap lanjut (enhanced oil recovery), pengembangan dan penerapan teknologi serta praktik terbaik untuk mengurangi dampak lingkungan di bidang energi.

Selanjutnya terkait penyimpanan dan penangkapan karbon dan pengurangan gas suar bakar, serta bidang-bidang usaha yang disepakati oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan/atau swasta dari para pihak tanpa merugikan atau menyesuaikan dengan kontrak, perjanjian, dll yang sudah ada. (hf/dvd)

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *