Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
Politik

Ketua KPU Hadir dan Mencermati Sidang Perdana PHPU di MK

16
×

Ketua KPU Hadir dan Mencermati Sidang Perdana PHPU di MK

Share this article
Suasana sidang perdana di MK
Example 468x60

KABARSOLUSI.COM – Hari ini dimulai sidang perdana perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) atau sengketa hasil Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi, Rabu (27/3/2024). Para pihak yang bertikai hadir. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari juga hadir.

Hasyim Asy’ari mengatakan, pihaknya mendengarkan hingga mencermati pokok-pokok permohononan yang diajukan pemohon, yakni pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN).

Example 300x600

“Jadi pada hari ini kami mendengarkan mencermati, membaca, dan kemudian memberikan catatan-catatan pada pokok-pokok permohonan para pemohon,” ujar Hasyim kepada wartawan seusai persidangan di MK, Rabu (27/3/2024).

Hasyim menjelaskan, dari hasil catatan yang telah disusun tersebut akan dijadikan dasar untuk menyusun jawaban keterangan penjelasan. “Nanti akan kami jadikan dasar untuk menyusun jawaban keterangan penjelasan dan juga pembuktian berupa dokumen-dokumen maupun saksi atau ahli yang sekiranya diperlukan nanti dalam persidangan. saya kira itu dulu,” jelasnya.

Baca Juga: Sidang Perdana PHPU Pilpres 2024 akan Digelar Besok di MK

Ia pun menyampaikan, persidangan perdana ini beragendakan sidang pendahuluan PHPU terlebih dahulu, baik bagi pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies-Muhaimin maupun pasangan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar-Mahfud.

“Hari ini ada dua agenda yang pertama jam 8 adalah pembacaan permohonan oleh pasangan calon nomor urut 1. Kemudian nanti pukul 13.00 WIB agendanya adalah pembacaan permohonan oleh pasangan calon nomor urut 3,” terangnya.

“Kami kan sebagai pihak termohon tentu saja mempelajari mendengarkan, mencermati apa-apa yang menjadi pokok perkara atau yang didalilkan para pemohon baik untuk yang pagi ini maupun yang siang,” sambung Hasyim.

Ia mengatakan, pihaknya juga telah menggelar rapat koordinasi kepada seluruh jajaran KPU provinsi, kabupaten, dan kota untuk mengantisipasi segala sesuatu dalam sidang PHPU Pilpres tersebut.

“Mengantisipasi segala sesuatunya yang kira-kira akan menjadi topik pokok permohonan oleh para pemohon terutama untuk persidangan-persidangan awal untuk pemilihan, perselisihan hasil pemilihan umum untuk pemilu presiden,” imbuhnya.(KS/Arum)

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *