Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
Nasional

Usulan Bappenas Soal Penambahan Anggaran Sebesar Rp Rp 597,52 Miliar Disetujui DPR

30
×

Usulan Bappenas Soal Penambahan Anggaran Sebesar Rp Rp 597,52 Miliar Disetujui DPR

Share this article
Foto ilustrasi, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Bappenas Suharso Monoarfa saat saat rapat kerja dengan Komisi XI DPR.
Example 468x60

KABARSOLUSI.COM – Komisi XI DPR RI menyetujui usulan penambahan anggaran dalam pembicaraan pendahuluan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) Tahun Anggaran 2025 Kementerian PPN/Bappenas dengan total sebesar Rp 804 miliar.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan pegawai baru itu merupakan hasil rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) pada 2024.

Example 300x600

“Kami mengajukan permohonan usulan tambahan, ini terutama untuk gaji pegawai karena untuk 2024 akan ada 1.997 orang tambahan sehingga semuanya ada (tambahan anggaran) Rp 597,52 miliar,” kata Suharso saat rapat kerja dengan Komisi XI DPR, Jakarta, Kamis (13/6/2024).

Baca Juga: Temuan BPK Terhadap Masalah Proyek IKN, Anggota DPR: Menunjukkan Buruknya Perencanaan

Dari nilai total tersebut, lanjut Suharso, mayoritas digunakan untuk membiayai gaji dan operasional pegawai baru di Kementerian PPN/Bappenas sebanyak 1.997 orang dengan nilai usulan tambahan anggaran sebesar Rp 597,52 miliar. Hal itu tertuang dalam hasil kesimpulan rapat kerja Komisi XI DPR RI bersama Kementerian PPN/Bappenas.

Selain untuk biaya gaji dan operasional pegawai baru, tambahan anggaran itu juga diperuntukkan untuk pelaksanaan kegiatan kajian strategis dalam penguatan agenda pembangunan dan menjaga keselarasan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2025-2029 dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Adapun total anggaran yang disetujui sebesar Rp 104,35 miliar.

Kemudian, Suharso menerangkan ada tambahan anggaran untuk kegiatan manajemen risiko pembangunan nasional, yang ditujukan untuk meningkatkan pencapaian sasaran pembangunan nasional melalui peningkatan kualitas tata kelola dan efektivitas sistem pengendalian intern, serta peningkatan kapasitas SDM sebesar Rp 102,59 miliar. (KS/Arum)

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *